Rabu, 03 April 2019

Penyakit Asam Urat – Tips, Gejala, Pencegahan, dan Mengobati Encok



Penyakit Asam Urat biasa dikenal dengan istilah Gout, Encok, atau Rematik adalah bentuk peradaan umum yang bisa menyerang siapa saja. Reaksi nyeri hebat pada persendian secara tiba-tiba, gejala pembengkakan dan kemerahan di pangkal kaki adalah tanda umum penyakit ini.
Asam urat banyak terjadi pada pada pria secara umum, serta wanita menjadi lebih rentan terkena penyakit ini setelah menopause. Umumnya lokasi serangan terjadi pada jempol kaki, dan penyakit ini bersifat kronis.
Fakta penyakit asam urat
Sejumlah fakta yang harus diketahui dari penyakit asam urat diantaranya:
Gout adalah bentuk arthritis atau rematik akibat kadar asam urat dalam darah berlebihan.
Gejala muncul berupa pembentukan kristal di persendian sebagai respon tubuh melawan penyakit ini
Banyak menyerang persendian dan jempol kaki
Serangan memuncak di malam hari, tanpa di ikuti gejala sebelumnya
Encok akan mereda segera setelah diobati dengan obat-obatan tertentu
Penyebab dan faktor risiko
Asam urat adalah hasil dari kelebihan asam urat di dalam tubuh, suatu kondisi yang disebut hyperurisemia. Penyebabnya antara lain:
1. Faktor gaya hidup
Seperti diet tinggi makanan yang banyak mengandung purin, kondisi obesitas dan penggunaan alkohol yang berlebihan. Minuman seperti bir sangat berkontribusi terhadap perkembangan asam urat.
2. Usia dan jenis kelamin
Pria menghasilkan lebih banyak asam urat daripada wanita. Umumnya asam urat mulai muncul setelah umur 35 tahun. Pada wanita, ini banyak terjadi setelah mereka mengalami menopause.
3. Genetika
Seseorang dengan riwayat keluarga menderita asam urat (ayah atau ibu) akan berpotensi besar meningkatkan kemungkinan berkembangnya asam urat.
4. Zat kimia
Paparan timbal secara berlebihan telah dikaitkan dengan penyakit asam urat. Obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya obat hipertensi (diuretik) dan obat-obatan yang mengandung salisilat.
5. Berat badan berlebih
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko encok disebabkan banyak pergantian jaringan tubuh, sehingga sisa metabolisme asam urat bertumpuk. Lemak tubuh tinggi juga meningkatkan peradangan sebab menghasilkan sitokin mendukung proses inflamasi.
6. Penyakit tertentu
Proses asam urat terbentuk
Asam urat adalah zat yang biasanya terbentuk ketika tubuh memecah purin, yang ditemukan dalam sel manusia dan dalam banyak makanan. Asam urat diangkut oleh darah ke ginjal dan dibuang melalui urin.
Beberapa orang terlalu banyak memproduksi asam urat atau konsumsi makanan tinggi purin, tetapi ginjal mereka tidak dapat memprosesnya secara efisien dan kelebihan asam urat menumpuk. Jika ini terjadi terus-menerus, gout akan berkembang.
Jenis-jenis
Penyakit Asam urat berkembang selama waktu tertentu, dan ini dikategorikan sebagai jenis-jenis gout.
Asymptomatik hyperurisemia
Seseorang bisa mendapatkan peningkatan kadar asam urat tanpa gejala luar. Pada tahap ini pengobatan belum diperlukan, meskipun kristal urat sudah ada di jaringan dan memicu ganggunan ringan.
Orang yang mengalami hiperurisemia asimptomatik lebih disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan. Yaitu dengan cara menghindari kemungkinan faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan asam urat, seperti makanan dan gaya hidup.
Gout akut
Tahap ini terjadi ketika kristal urat telah mengendap di jaringan tubuh, tiba-tiba menyebabkan peradangan akut dan rasa sakit yang hebat. Serangan mendadak ini biasanya akan berkurang dalam 3 hingga 10 hari.
Kondisi ini biasanya dipicu oleh aktivitas yang memicu stres, alkohol dan obat-obatan, serta cuaca dingin.
Gout interval atau interritical
Tahap ini adalah periode setelah serangan asam urat akut. Ini mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, meskipun tidak diobati.
Namun seiring waktu, ini dapat berlangsung lebih lama dan lebih sering terjadi. Selama interval ini, kristal urat dalam tubuh lebih lanjut disimpan di jaringan.
Gout kronis
Gout kronis adalah jenis gout yang paling melemahkan tubuh. Kerusakan permanen biasanya sudah terjadi pada sendi dan ginjal. Pasien dapat menderita rematik kronis, benjolan besar kristal asam urat, akan muncul di sendi jari-jari.
Jika asam urat tidak diobati dari awal, ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai tahap gout kronis (sekitar 10 tahun).
Pseudogout
Gejala pseudogout sangat mirip dengan gout. Perbedaan utama adalah sendi terganggu oleh kristal kalsium fosfat daripada kristal urat. Pseudogout membutuhkan perawatan yang berbeda dengan gout.
Tanda dan gejala
Tanda dan gejala asam urat bersifat serangan tiba-tiba, khususnya di malam hari. Dan biasanya tidak didahului gejala penyerta. Tanda gejala lainya adalah:
Nyeri sendi. Gout biasanya memengaruhi sendi besar jempol kaki, tetapi bisa terjadi pada sendi mana saja,  termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari.
Reaksi nyeri memuncak dalam 4sampai 12 jam pertama setelah serangan dimulai.
Ketidaknyamanan yang berkepanjangan, dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu.
Serangan cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak sendi.
Peradangan dan kemerahan pada sendi yang terkena. Ini menjadi bengkak, hangat dan merah.
Terbatas bergerak, sebab nyeri hebat pada persendian

Diagnosis
Untuk mendiagnosis penyakit asam urat, pemeriksaan sendi yang terkena dan melakukan tes darah akan dilakukan. Gout dapat menjadi sulit untuk didiagnosis karena banyak penyakit dapat menyebabkan nyeri sendi dan peradangan.
Untuk memastikan, pengujian untuk mengetahui seseorang menderita asam urat akan dilakukan sebagai berikut:
Tes darah asam urat
Tes ini hanya mengukur berapa banyak asam urat bertumpuk dalam darah. Orang dengan gout terkadang memiliki kadar asam urat yang tinggi. Pada orang dengan gejala asam urat, hasil pembacaan tes darah asam urat tinggi (di atas 6,8 mg/dl) dapat mengindikasikan gout.
Tes darah asam urat bukanlah bukti pasti gout. Beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi tidak memiliki asam urat, dan beberapa orang dengan asam urat tidak memiliki kadar asam urat yang tinggi.
Pemeriksaan Ultrasonograpy (USG)
Teknik pencitraan ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambaran tentang apa yang terjadi di dalam sendi yang meradang. USG dapat membantu mengidentifikasi kristal dalam cairan persendian.
Tes urin asam urat
Jika Anda sudah didiagnosis menderita asam urat, biasanya secara berkala dilakukan pengujian urin. Tes ini dapat membantu memprediksi dan memantau pembentukan batu ginjal. Ini merupakan komplikasi dari gout.
Pemeriksaan cairan sinovial
Kadang-kadang disebut analisis cairan sendi, ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mendiagnosis gout. Cairan sinovial adalah zat yang melapisi bagian dalam persendian.
Prosedur biasanya hanya berlangsung satu hingga dua menit. Ini mungkin sedikit sakit, sebab prosedurnya memasukkan jarum ke dalam ruang sendi. Sebelum dilakukan, suntikan lokal akan dibutuhkan.
Pengobatan
Mengobati asam urat yang hadir melalui serangan akut dapat diatasi dengan penggunaan obat berikut:
Obat-obatan
1. Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID)
NSAID termasuk opsi bijak, seperti ibuprofen, asam mefenamat, atau natrium diklofenak. Jika gejala belum reda, mintalah obat resep dokter seperti celecoxib.
Namun penting untuk diketahui bahwa obat pereda nyeri membawa risiko sakit perut, perdarahan dan gangguan asam lambung. Sebaiknya minumlah bersama dengan makanan atau setelah makan.
2. Kortikosteroid
Obat-obat kortikosteroid, seperti prednison dapat mengontrol peradangan dan nyeri gout.  Obat ini umumnya hanya digunakan pada orang dengan gout yang tidak bisa menggunakan NSAID.
Efek samping dari kortikosteroid termasuk perubahan suasana hati, peningk

atan kadar gula darah dan peningkatan tekanan darah
4. Xanthine oxidase inhibitor
Kelompok obat-obatan yang menghalangi produksi asam urat ini digunakan untuk pencegahan serangan muncul. Diantaranya allopurinol dan febuxostat. Obat ini bekerja membatasi jumlah asam urat yang diproduksi tubuh.
Efek samping dari obat ini termasuk ruam, nilai hitung darah yang rendah, mual.
5. Uricosuric
Kelompok obat yang meningkatkan penghapusan asam urat. Ini termasuk probenesid. Obat-obat urricosuric meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.
Ini dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko encok, tetapi tingkat asam urat dalam urin meningkat. Efek samping termasuk ruam, sakit perut dan batu ginjal.

Sumber :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar